RUNNING TEXT



widgets

Senin, 22 Desember 2014

Anggota Polsek Samigaluh Bantu Korban Longsor


KULONPROGO. Anggota Polsek Samigaluh bersama-sama masyarakat sekitar melkasanakan kerja bakti akibat bencana longsor di daerah kecamatan Samigaluh. Empat rumah warga di wilayah tersebut terkena longsor , longsor paling parah terjadi pada bangket tebing Balai Desa Banjarsari sepanjang 35 meter dengan tinggi 7 meter dan mengakibatkan kerugian Rp 70 juta.

Menurut Kapolsek Samigaluh AKP Lucia Sri Hartati pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana misalnya rumahnya yang berada di bawag tebing agar selalu waspada apalagi kalo turun hujan. Selain itu Kapolsek juga memerintahkan anggotanya agar sewaktu-waktu kalau terjadi tanah longsor segera segera mendatangi tempat kejadian guna memberikan bantuan yang di butuhkan masyarakat. Material longsoran bangket tebing di Pedukuhan Balong I tersebut juga menimpa dinding rumah warga. Beruntung dinding rumah sudah berupa tembok sehingga tidak rusak,  meski demikian beberapa bagian bangunan balai desa yang ada di atas bangket tebing juga terancam ambrol, meliputi garasi, mushola, dan kantor balai desa. Bangket tebing tersebut longsor pada pada hari Sabtu malam tanggal 29 November 2014 kurang lebih jam 22.30. Karena cuaca terus hujan maka gotong-royong pembersihan material longsoran baru dilaksanakan Kamis 4 Desember 2014. Gotong royong melibatkan sekitar 125 orang dari Tagana, kecamatan, Koramil, Polsek Samigaluh , perangkat desa, dan warga masyarakat.
Di Banjarsari memang banyak tebing dengan kemiringan tinggi, sejak musim hujan ini sudah terjadi longsor di empat titik, dua diantaranya mengenai rumah warga. Selain di Pedukuhan Balong I, longsor yang menimpa rumah warga dan menutup jalan desa sepanjang 15 meter juga terjadi di Pedukuhan Klendrekan. Akibatnya dinding rumah warga yang terbuat dari bambu dan kayu jebol.


Kejadian longsor yang menimpa rumah warga lainnya terjadi di Pedukuhan Nglambur, Desa Sidoharjo. Dua rumah milik warga yang berjajar depan belakang terkena longsoran tebing di sebelahnya meski tidak terjadi kerusakan parah, material longsoran juga sempat menutup akses jalan desa.

Kejadian longsor lainnnya di wilayah Kecamatan Samigaluh yakni longsor tebing di Desa Kebonharjo, pada hari Selasa tanggal 2 Desember 2014 yang sempat mengakibatkan jalan desa tertutup. Selain itu, jalan desa di wilayah Pedukuhan Mendolo, Desa Pagerharjo juga terancam terkena longsoran tebing di samping jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar