RUNNING TEXT



widgets

Rabu, 11 September 2024

KAPOLSEK LENDAH MONITORING PEMBERIAN VAKSIN JAPANESE ENCHEPALITIS

 

 

LENDAH_klp.Kapolsek Lendah AKP Nunung Tuhono,S.H.,M.M., beserta anggota melaksanakan kegiatan pengamanan sekaligus monitoring vaksinasi 'Japanese Enchepalitis' yang diselenggarakan oleh Puskesmas Lendah 1 bertempat di Balai Kalurahan Wahyuharjo kapanewon Lendah kabupaten Kulonprogo DIY.(03/09/2024)

Japanese encephalitis (JE) adalah penyakit yang terjadi karena virus JE yang ditularkan melalui perantara nyamuk.
Masalah kesehatan ini menjadi penyebab radang otak yang paling sering ditemukan pada wilayah Asia dan beberapa negara di kawasan Pasifik Barat, tak terkecuali di Indonesia.

Japanese encephalitis sendiri ditemukan pertama kali di negara Jepang pada tahun 1871. Saat itu, penyakit ini dikenal dengan nama “summer encephalitis”.
Mayoritas orang yang terinfeksi virus ini tidak menunjukkan gejala, atau gejala yang muncul tidak cukup spesifik, sehingga kerap disangka seperti flu biasa. Gejala yang menunjukkan peradangan pada otak biasanya baru akan muncul pada 4 sampai 14 hari setelah mengalami gigitan nyamuk atau masa inkubasi.

Dalam kegiatan pemberian Vaksin Japanese Enchepalitis di Wilayah Lendah tersebut dipimipin langsung oleh Kepala Puskesmas Lendah 1 dr. Isti Alfradiantina MPH, yang diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun.

Selain melaksanakan monitoring,Kapolsek Lendah beserta anggota dan juga didampingi oleh Panewu Lendah Bp Sutrisno S.Sos ,anggota Koramil/08 Lendah Serda Sobirin, memberikan pesan kepada petugas kesehatan Puskesmas Lendah 1 untuk mendata seluruh anak yang berhak mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan khususnya Vaksin Japanese Enchepalitis, sehingga semua bisa mendapatkan Vaksin tersebut dan di sela-sela kegiatan tersebut Kapolsek Lendah juga memberikan samangat serta motivasi kepada anak-anak yang akan mendapatkan Vaksin.  

'terimakasih kepada Pihak Nakes yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat Lendah Khususnya dalam hal ini yakni pelaksanaan vaksinasi Japanese Enchepalitis yang diberikan kepada anak anak,semoga adik adik kita ,anak anak kita semua sehat serta terhindar dari penyakit tersebut,Aamiin'
Ucap Kapolsek Lendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar