RUNNING TEXT



widgets

Selasa, 03 September 2024

WAKAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI LOKMIN LINSEK TW III 2024 DI AULA PUSKESMAS KALIBAWANG

 

 


Kalibawang - Wakapolsek Kalibawang AKP Sukadi, menghadiri giat Lokakarya Mini Lintas Sektoral (Lokmin Linsek) Tw
III tahun 2024 bertempat di aula Puskesmas Kalibawang. Senin (26/08/2024)

Hadir dalam giat Panewu Kapanewon Kalibawang Bp. Risdiyanto Nugroho, S.STP., M.Eng., Wakapolsek Kalibawang AKP Sukadi., Danramil 05 Kalibawang di wakili Serka Suprihono., Kepala Puskesmas Kalibawang Dr. Theresia Rudatun., Kepala KUA di wakili Bp. Budi Riyanto., Lurah se-Kapanewon Kalibawang., perwakilan kader kesehatan., perwakilan guru.

Giat di awali dengan pemeriksaan skrining bagi peserta, Pemeriksaan skrining yang dilakukan meliputi pertanyaan tentang faktor resiko, pengecekan gula darah, pengukuran tekanan darah, Tinggi Badan, Berat Badan serta lingkar Perut. apabila di temukan Hipertensi tinggi serta gula darah tinggi serta lingkar perut melebihi 90 cm, agar nantinya konsultasi dengan Puskesmas Kalibawang.

Balaraja mengadakan pertemuan jejaring yang di hadiri oleh pihak Klinik Pratama dan Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD) untuk persiapan implementasi penguatan kolaborasi dalam pelayanan Program Prioritas (TB, Hipertensi, dan DM) pada hari Jum'at, 5 Juli 2024 pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Balaraja.

Kepala Puskesmas Kalibawang Dr. Theresia Rudatun menjelaskan untuk adanya penguatan jejaring dalam hal penyakit khususnya penyakit prioritas seperti Diabetes Melitus (DM) , Hipertensi dan TBC. Kerjasama dengan jejaring dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di Wilayah Kapanewon Kalibawang.

Para penanggungjawab program memberikan edukasi mengenai tata laksana pemeriksaan Hipertensi, Diabetes Militus dan TBC serta menjelaskan bagaimana cara pengisian untuk pelaporannya. Kegiatan ini di harapkan adanya kerjasama dengan jejaring dalam meningkatkan status kesehatan khususnya penyakit prioritas.

Kepala Puskesmas Kalibawang Dr. Theresia Rudatun juga  menyampaikan pentingnya untuk melakukan deteksi dini skrining faktor resiko Hipertensi dan DM guna untuk melakukan pencegahan serta pengendalian segala penyakit. Hipertensi dan Diabetes Melitus bisa dicegah dengan melakukan Cek kesehatan secara rutin, hindari merokok, rajin berolahraga, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup, Kelola stres.

"Bagi peserta penyuluhan dengan hasil tensi tinggi serta gula darah tinggi dianjurkan untuk kontrol rutin ke Puskesmas atau faskes terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut." Pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar