RUNNING TEXT



widgets

Jumat, 01 November 2013

PEGUNUNGAN MENOREH KULON PROGO RAWAN LONGSOR


KULON PROGO. Beberapa kecamatan di daerah Kulon Progo bagian utara terancam bencana lonsor yaitu daerah kecamatan Kalibawang, Samigaluh, Girimulyo, Kokap, Nanggulan, Pengasih dan Temon Bagian Utara. 

Selain itu beberapa kecamatan lainnya terancam banjir bandang,  wilayah yang rawan meliputi desa-desa yang berada di sepanjang pinggiran Sungai Progo mulai dari Banjaroya, Banjarharjo, Banjararum (Kecamatan Kalibawang), ke selatan Wijimulyo (Kecamatan Nanggulan), Tuksono (Sentolo), hingga Brosot dan Banaran (Galur).

Selain pinggiran Sungai Progo perlu pula diwaspadai wilayah muara Sungai Bogowonto yakni Dusun Pasir Mendit dan Pasir Kadilangu karena juga rawan banjir.

Diharapkan, warga peka terhadap perubahan alam seperti munculnya sumber-sumber mata air yang sebelumnya tidak ada. Sebab, ada kemungkinan mata air ini muncul karena rekahan tanah di tebing yang terisi air hujan dan berpotensi menimbulkan longsor, karena warga lebih hafal dengan kondisi alam di sekitar tempat tinggal. Kerawananan longsor di kecamatan-kecamatan tersebut sama, namun jika melihat pada pengalaman tahun lalu, potensi terbesar berada di wilayah Kecamatan Girimulyo.


-----HUMAS POLRES KULON PROGO-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar