RUNNING TEXT



widgets

Jumat, 16 Oktober 2015

Kapolres Kenakan Pakaian Adat Jawa

KULONPROGO. Dalam rangka hari jadi Kabupaten Kulonprogo ke 64 tahun  seluruh tamu undangan di haruskan memakai pakaian adat jawa lengkap , untuk itu Kapolres Kulonprogo AKBP Yuliyanto, S.I.K., M.Sc tak mau ketinggalan juga pakai pakaian adat Jawa yang mana Blangkon menjadi ciri khasnya.
Peringatan Hari Jadi Kulon Progo ke-64 tahun digelar dengan upacara adat jawa pakem di alun-alun Wates pada hari Kamis tanggal 15 Oktober 2015. Dengan peserta upacara terdiri dari perwakilan  TNI, Polri, PNS dan Karyawan Swasta yang semuanya menggunakan pakaian adat Jawa. Namanya juga upacara adat pakem, sehingga semua serba adat jawa, mulai dari pakaian, bahasa yang digunakan, maupun tata cara upacaranya.


Layaknya upacara pada umumnya, upacara Hari Jadi Kulon Progo tanpa pengibaran bendera pusaka. Upacara juga digelar dengan suasana adat jawa. Peserta upacara, pemimpin upacara, hingga inspektur upacara semuanya mengenakan adat Jawa. Selain itu aba-aba petugas upacara dan sambutan Gubernur DIY juga menggunakan Bahasa Jawa. Dalam kesempatan tersebut dipertunjukkan pula sendra tari kolosal bertajuk Hadeging Praja Kulon Progo yang dimainkan oleh seniman-seniwati Kulon Progo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar