RUNNING TEXT



widgets

Kamis, 01 Oktober 2015

Pengajian Rutin Anggota Polres Kulonprogo


KULONPROGO. Pada hari Kamis tanggal 1 Oktober 2015  di Masjid 'Ainnu Rohman Polres Kuloprogo dilaksanakan kegiatan rutin pengajian setiap Kamis siang setelah sholat Dzuhur. Sebelumnya pengajian dimulai di laksanakan sholat Dzuhur berjama’ah. dilanjutkan tausiyah yang di sampaikan oleh Iptu Heru M Yanto, AMK., S.Pd., M.Si Kasubag Humas Polres Kulonprogo dengan materi ceramah adab bersin. Pengajian tersebut di ikuti oleh anggota Polres Kulonprogo dan perwakilan dari Polsek jajaran.  

Dalam tausiyahnya Iptu Heru menjelaskan Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud: “Sesungguhnya Allah SWT sukakan bersin dan benci pada menguap. Jika salah seorang kamu bersin dan memuji Allah SWT, hendaklah orang Islam yang mendengarnya mengucapkan “Yarhamukallah”.
Islam selaku agama yang mulia amat menekankan kesopanan dan kesantunan dari sekecil-kecil perkara hinggalah sebesar-besarnya sama ada dalam pergaulan, percakapan ataupun tingkah-laku refleks seperti menguap, bersin dan sebagainya.
Manakala apabila bersin pula kita hendaklah memalingkan muka ke arah lain sambil menutup mulut dan hidung untuk mengurangkan bunyi bersin tersebut selain untuk mengelak daripada terkena jangkitan pada orang lain. Selepas bersin hendaklah mengucapkan “alhamdulillah”, sebagai rasa bersyukur dengan memuji Allah. Dan orang yang mendengarnya hendaklah mengucapkan “yarhamukallah” sebagai mendoakan kesejahteraan orang yang bersin itu agar dia agar dirahmati Allah. Serta dibalas pula oleh orang yang bersin dengan mengucapkan “Yahdiinaa wayahdiikumullah”. Namun begitu sekiranya orang yang bersin itu tidak mengucapkan ‘al-hamdulillah’ selepas bersin maka dia tidak berhak untuk diberikan ucapan tersebut.
Menjawab orang yang bersin (jika dia mengucapkan hamdalah) hukumnya wajib, dan wajib pula menjawab orang yang mengucapkan “Yarhamukallah” dengan ucapan “Yahdiina wayahdii kumullah”, dan jika seseorang yang bersin itu terus menerus bersin lebih dari tiga kali, maka kali keempatnya hendaklah diucapkan “Afakallah” (Semoga Allah menyembuhkan anda) sebagai ganti dari ucapan “Yarhamukallah”.

Bersin yang terlalu kerap melebihi 3 kali menandakan seseorang itu kemungkinan diserang selsema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar