RUNNING TEXT



widgets

Selasa, 22 September 2015

Kapolres Serahkan 23 Ekor Kambing Korban



KULONPROGO. Penyerahan hewan kurban yang dilakukan setiap tahunnya oleh Polres Kulonprogo  merupakan suatu wujud kepedulian dan perhatian Polres terhadap Umat Islam di daerah Kulonprogo, agar di hari yang berbahagia tersebut khususnya bagi kaum fakir miskin dapat merasakan kebahagiaan bersama-sama dengan segenap umat Islam lainnya. Demikianlah sambutan yang disampaikan oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Yuliyanto, S.I.K., M.Sc pada acara Penyerahan Hewan Kurban  hari Selasa tanggal 22 September 2015 di halaman belakang Polres Kulon Progo. Hewan kurban tersebut di serahkan kepada masjid dan panti asuhan untuk di sembelih pada Hari Raya Idul Adha.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa Penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha pada hakekatnya adalah untuk mengenang kembali suatu peristiwa iman yang terjadi pada diri Nabi Ibrahim dan putranya yaitu Nabi Ismail. Sungguh suatu ujian yang sangat berat karena Tuhan memerintahkan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya yang bernama Ismail dengan tangannya sendiri.
Empat makna yang bisa diambil dari peristiwa tersebut adalah yang pertama, bahwa Umat Islam diharapkan dapat mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang dengan penuh keikhlasan lahir dan bathin mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai dan disayangi yang ada pada dirinya untuk memenuhi perintah Tuhan. Kedua, jadilah pemuda seperti sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tuanya. ketiga, dianjurkan bagi umat Islam di hari Raya Idul Adha ini, yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban, hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus dan ikhlas sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan makna yang keempat yaitu penyembelihan hewan kurban, disamping menunaikan suatu perintah dalam syariat agama Islam, juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin. Hal tersebut merupakan salah satu upaya menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin terutama dihari yang berbahagia ini, sehingga pada akhirnya kedua golongan ini akan hidup berdampingan, saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh kedamaian dan nuansa persaudaraan yang tinggi.
Diakhir sambutannya, AKBP Yuliyanto, S.I.K  mengajak segenap Umat Islam yang ada di Kabupaten Kulonprogo  untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sang pencipta alam, menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama manusia serta melestarikan alam lingkungan sehingga ada harmonisasi dan keseimbangan dalam menjalani hidup ini. Serta selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing- masing.

Dalam kesempatan tersebut, Polres Kulon Progo menyerahkan 23 ekor kambing  kepada Masjid dan Panti Asuhan yang ada di Kulonprogo, masing masing masjid maupun panti asuhan mendapat satu ekor kambing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar