RUNNING TEXT



widgets

Selasa, 01 April 2014

Sosialisasi Penerimaan Brigadir Polri


KULON PROGO - Polres Kulon Progo bersama Biro SDM Polda D.I. Yogyakarta mengadakan sosialisasi penerimaan Brigadir Polri di Pasar Wates  dan Pasar Bendungan Kulon Progo. Sosialisasi itu di laksanakan pada hari Selasa tanggal 01 April 2014 di pimpin oleh Kabag Sumda Polres Kulon Progo Kompol Budi Susilanto, SH dan tim dari Polda DIY yang di pimpin oleh Kompol Sumari.

Menurut Kabag Sumda Polres Kulon Progo Polri membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi yang ingin mengabdi untuk negara melalui jalur kepolisian dengan seleksi tanpa dipungut biaya, tahun ini Polri menerima 20.000 siswa untuk dididik ."Tahun 2014 ini Polri memberi kesempatan baik bagi 148 calon polwan di D.I. Yogyakarta untuk di didik.

Budi menjelaskan, selain kapasitas yang ditambah, Polri juga mempermudah persyaratan antara lain, saat dibuka pendidikan usia calon antara 17 tahun 5 bulan hingga 22 tahun.

Tahun sebelumnya, lanjutnya, usia maksimal saat dimulai pendidikan 21 tahun. Untuk tinggi, minimal 155 Cm, sementara tahun lalu 160 Cm. Menurutnya, penambahan kuota dilakukan karena tingginya kebutuhan personil Polwan saat ini.


"Untuk nilai akhir, tahun ini rata-rata 6, sedangkan tahun lalu 6,5. Untuk calon yang masih pelajar SMA dapat menyertakan surat  keterangan dari sekolah. Selain itu, tahun ini ada istilah local girl local job, yang berarti Polwan yang lulus pendidikan di Jawa akan bertugas di daerah pendaftaran," jelasnya.

Kemudian, surat keterangan dari Polres berupa SKCK sebagai tanda tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan merupakan salah satu dari persyaratan umum pendaftaran Bintara Polri.

Sementara untuk persyaratan lainnya, tinggi 163 Cm bagi calon polisi laki-laki (Polki), saat mendaftar telah berdomisili di wilayah D.I. Yogyakarta minimal setahun dan belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan dan 2 tahun setelah lulus.

Ditambahkan, adapun tahapan seleksi bintara antara lain, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan dan pengujian psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, pengujian kesamaptaan jasmani, pengujian akademik yang meliputi pengetahuan umum serta bahasa Indonesia dan Inggris, pendalaman penelusuran mental kepribadian, pemeriksaan administrasi akhir dan sidang terbuka penentuan kelulusan akhir.


HUMAS POLRES KULON PROGO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar