RUNNING TEXT



widgets

Rabu, 18 Desember 2013

Sat Binmas Polres Kulon Progo Adakan Pembekalan dan Pelatihan Linmas

KULON PROGO. Pada hari Selasa tanggal 17 Desember 2013 bertempat di Aula Bhara Daksa Sat Binmas Polres Kulon Progo mengadakan Pembekalan dan pelatihan Linmas (perlindungan masyarakat) Kulon Progo. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Linmas yang ada di 12 (dua belas) Kecamatan di Kulon Progo selama 3 (tiga) hari.

Kapolres dan Kabag Ops Polres Kulon Progo


Kegiatan ini di kandung maksud untuk bekal tugas anggota Linmas di lapangan dan menambah wawasan serta membuka wacana yang luas yang akan mempengaruhi pola pikir yang dewasa ini bagi setiap anggota Linmas di lapangan.  Tidak bisa dipungkiri pada setiap kegiatan apapun perlindunga masyarakat atau Linmas sangat di butuhkan terlebih pada tahun 2014 kehadiran Linmas sangat membantu Polri dalam pesta demokrasi yaitu pemilihan legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia perlindungan masyarakat telah menunjukkan kiprahnya dalam membangun dan memperkokoh pertahanan keamanan serta ketertiban umum dan membantu di dalam penanggulangan bencana.
       
                              
Penting untuk di sadari bahwa prasyarat dalam rangka kelancaran pelaksanaan dan kemajuan pembangunan adalah terciptanya ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat sehingga akan terwujudnya suatu kepatuhan masyarakat terhadap penegakan hukum sehingga akan dapat memberi dampak pada pelaksanaan pembangunan. Dalam mengantisipasi kemungkinan adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban umum maka ada beberapa langkah yang harus di perhatikan anatara lain perlu kepekaan dan kewaspadaan mendeteksi dini berbagai potensi gangguan yang ada di lingkungan, perlu meningkatkan peran aktif masyarakat dan lembaga kemasyrakatan untuk mencegah dan menyelesaikan konflik.

Sesuai dengan yang diamanatkan peratiran Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2009 tugas Satuan Linmas adalah mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu adapaun langkah-langkah kegiatannya antara lain :

  1. Menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif di TPS dan sekitarnya.
  2. Mengatur dan mengawasi pemilih, tidak membawa senjata senpi, sajam dan benda yang membahayakan.
  3. Mengawal serta mengamankan terhadap kotak suara dri TPS ke PPS dan PPK.

Hal tersebut diatas inilah yang harus di pedomi anggota Sat Linmas dalam penyelenggaraan tugas pengamanan di TPS. Demikian sambutan Kapolres Kulon Progo AKBP  J. Setyawan W., S.Ik, M.H pada acara Pembekalan dan Pelatihan Linmas di Aula Bhara Daksa Polres Kulon Progo.


---HUMAS POLRES KULON PROGO---


Tidak ada komentar:

Posting Komentar