RUNNING TEXT



widgets

Senin, 26 Agustus 2024

Bhabinkamtibmas Hadiri Pembentukan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP) di Banjarharjo

 


 

Kalibawang – Dalam upaya mendukung pengembangan sektor perikanan di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Bhabinkamtibmas Kalurahan Banjarharjo, Polsek Kalibawang, Bripka Agus Gutama, bersama Babinsa Sertu Saparjo, menghadiri kegiatan pembentukan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP) di Pokdakan Alam Tirto, Diwet 2, Banjarharjo, Kalibawang, Senin (19/08/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Ir. Trenggono Trimulyo, M.T., Panewu Anom Kapanewon Kalibawang, Bapak Senija, S.I.P., M.Si., Lurah Banjarharjo, Bapak Susanto, serta para dukuh se-Kalurahan Banjarharjo.

Dalam acara ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Ir. Trenggono Trimulyo, M.T., menekankan pentingnya sektor perikanan sebagai penggerak perekonomian masyarakat. Ia menyebutkan bahwa konsumsi ikan yang terus meningkat di Kabupaten Kulon Progo menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan generasi penerus. "Budidaya ikan merupakan lapangan usaha yang sangat prospektif, terbukti dari pertumbuhan signifikan kelompok pembudidaya ikan di wilayah ini," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kebijakan untuk mewujudkan budidaya ikan secara hulu-hilir adalah langkah tepat. Kebijakan ini meliputi penyediaan benih, pakan, sarana-prasarana budidaya, fasilitasi permodalan, pemasaran, hingga pengolahan hasil perikanan. Pembentukan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP) ini diharapkan dapat mendukung pengembangan kapasitas pembudidaya ikan kecil dan meningkatkan produksi ikan.

Namun, tantangan utama dalam pembentukan KSPP adalah ketersediaan lahan yang luas dalam satu kawasan. "Ketersediaan lahan yang luas merupakan kendala, namun kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah kalurahan, swasta, dan anggota Pokdakan, dapat menjadi solusi," ujar Ir. Trenggono Trimulyo.

Kapolsek Kalibawang melalui Bhabinkamtibmas Bripka Agus Gutama menyampaikan komitmen Polri dalam mendukung penuh program-program pemerintah. "Kami akan mengawal dan siap mendampingi Pokdatan di wilayah binaan kami. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor perikanan," tegasnya.

Dengan inisiatif ini, diharapkan bahwa sektor perikanan di Banjarharjo dan wilayah sekitarnya dapat berkembang lebih pesat, memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar